Salatiga Tuan Rumah Hari Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi

Spread the love

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Salatiga Parsetyo Ichtiarto mengatakan, Salatiga akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingkat  Jateng tahun 2019. Rencananya, kegiatan diputuskan Taman Kota  di Bendosari, Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kelurahan Kumpulrejo – Argomulyo, pada 17 Juli 2019. 

“Selain dihadiri langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, para pejabat Provinsi juga Bupati Wali Kota dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup se Provinsi Jawa Tengah kurang lebih 800 tamu undangan akan hadir,” katanya. 

Menurut Prasetyo, tema yang diusung pada tingkat Internasional yaitu Beat Air Pollution (kendalikan polusi udara) dan di tingkat nasional melalui “Biru Langitku, Hijau Bumiku”. Sehingga, menurutnya,  tepat sekali Salatiga yang zaman dahulu pada pemerintah Hindia Belanda terkenal dengan sebutan, “Salatiga Dea Schoonnste Staad Van Midden Java” atau Salatiga kota paling indah di Jawa Tengah,  menjadi ajang berkumpulnya para pengambil kebijakan dan kelompok masyarakat peduli lingkungan hidup.

“Hasil survai dari beberapa kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang dilakukan oleh tim Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, banyak pertimbangan terkait dengan kelebihan yang dimiliki Salatiga. Ruang terbuka hijau publik yang dimiliki Pemerintah Kota Salatiga   khususnya Taman Kota Salatiga sangat strategis dan ideal untuk lokasi penyelenggaraan peringatan Hari Lingkungan Hidup se- Dunia Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2019,” ucapnya. 

Prasetyo menambahkan, rangkaian kegiatan tahun ini cukup menarik karena gubernur akan berdialog interaktif dengan pelajar dan anggota Saka Kalpataru (anggota Pramuka peduli lingkungan). Nantinya akan membahas peran generasi melenium dalam penanganan sampah. 

Dalam rangkaian kegiatan itu, pada 12 Juli lalu,  dilakukan gerakan bersih sungai di kawasan Rawapening, pungut sampah dan penanaman pohon di Pasaraya II Salatiga. Acara puncaknya ada kegiatan uji emisi kendaraan bermotor, pameran produk ramah lingkungan, deklarasi pelaku usaha dan penyerahan penghargaan sekolah Adiwiyata dan Kalpataru.

“Sebagai tuan rumah sangat bangga dimana dipercaya sebagai tempat bergengsi untuk acara Hari Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi. Sehingga segala persiapan penataan sarana prasarana di taman kota sudah kita lakukan ” jelas Prasetyo.

sumber : http://argomulyo.salatiga.go.id/salatiga-tuan-rumah-hari-lingkungan-hidup-tingkat-provinsi/#more-403

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *