PELATIHAN TANAMAN ORGANIK DAN HIDROPONIK UNTUK WARGA KELURAHAN KUMPULREJO

Spread the love

KUMPULREJO – Sebanyak 30 orang warga Kel Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, mendapatkan pelatihan tanaman Organik dan bertanam secara hidroponik. Pelatihan ini diadakan oleh Kelurahan Kumpulrejo

Pelatihan dilakukan pada 18 Agustus 2018 di Balai Kelurahan Kumpulrejo, ini dilatarbekangi antusiasme warga kelurahan Kumpulrejo yang ingin memajukan lingkungannya.

“Selamat datang kepada bapak ibu peserta, dengan adanya pelatihan ini, mungkin bisa menambah pengetahuan tentang tanaman Organik, mungkin dapat diterapkan di lingkungannya, sehingga bisa menambah konsumsi sayuran yang lebih sehat ” ” ungkap Lurah Kumpulrejo, Eska Bayu Sukmawan S.Ip dalam sambutannya.

Sementara menurut Giovanni Raisa IS, Kasi Sospermas kel. Kumpulrejo mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja Kel. Kumpulrejo yang tertuan dalam DPA.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini berupa teori dan praktik. Materi pertama disampaikan oleh ibu Reni Handayani, dari Gapoktan Gotong Royong, dengan tema Tanaman dan Pupuk Organik. Dalam materinya disampaikan tentang cara pembuatan pupuk organik dengan bahan baku dari sisa makanan rumah tangga.
Materi kedua disampaikan oleh bapak Samsudin dengan tema Hidroponik.
Teori yang diberikan adalah pengantar atau pengenalan hidroponik seperti manfaat budidaya secara hidroponik, pengenalan alat, dan bahan hidroponik.

Lalu ada juga macam-macam sistem hidroponik dari yang sederhana sampai bentuk instalasi, meracik dan mencampur nutrisi hidroponik, pengendalian hama terpadu, dan packaging.

Sedangkan praktiknya, antara lain penyemaian, meracik dan mencampur nutrisi, pembuatan sistem hidroponik wick system, pembuatan instalasi penyemaian, pembuatan instalasi peremajaan, serta packaging. (msby)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *