Serunya Merti Dusun di Randuares

Spread the love

Warga RW 1 Randuares, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, menggelar kirab budaya, Minggu (06/10/2019).

Kirab Budaya Saparan dimulai di Lapangan TK Global Kids, menempuh jarak sekitar 2 KM, mengelilingai perkampungan dusun setempat.

Kirab melibatkan ratusan orang dari 8 RT di RW 1 Randuares dengan cara berjalan kaki yang terdiri dari pakaian khas daerah, rombongan drumband, drumblek, reog, kesenian gedruk, dan lain sebagainya.

Dalam arak-arakan itu, juga diarak Tumpeng dari masing- masing RT yang nantinya akan dinilai oleh Tim Juri dari Kelurahan, yang terdiri dari Lurah, BKM, LPMK, Kelsi, Babinsa, Babinkantibmas, dan tokoh masyarakat.

Ketua RW 1 Randuaers, Supriyono mengatakan, kirab budaya merti dusun merupakan upaya nguri-uri kebudayaan di dusun Randuares.

“Tumpeng yang diarak merupakan simbol rasa syukur, dengan membuat Tumpeng dari hasil bumi, nanti setelah diarak, Tumpeng dari masing-masing RT akan dinilai oleh tim juri. Dan pemenangnya akan diumumkan, untuk mendapatkan apresiasi dari Panitia.

Dalam sambutannya Lurah Kumpulrejo, Eska Bayu Sukmawan S.IP berterimakasih kepada warga Randuares, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk membuat kegiatan semacam ini.

“ Terima kasih Warga Randuares, kegiatan positif semacam ini harus didukung, marilah kita tetap jaga kebersihan, ketentraman, ketertiban dalam melaksanakan Merti Dusun Randuares” tandasnya.

Setelah dilakukan penilaian keluar sebagai juara 1 Tumpeng dari RT 3,  juara 2 Tumpeng dari RT 5 dan disusul RT 2 sebagai juara 3.

Rangkaian acara Merti Dusun Randuares ditutup dengan pagelaran Seni Reog dan dangdut SMB. (MSBY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *